Facebook Oh Facebook

Apa yang kita tahu? Apa yang kita tidak tahu? Ada apa? Kali ini adalah pembahasan tentang suatu hal yang sudah sangat popular di dunia,,, “Facebook” namanya. Facebook sendiri juga mempunyai logo yang cukup simpel dengan font tulisan yang santai dilihat dan dibaca.

Selama ini kita mengenal Facebook sebagai suatu forum yang fungsinya tidak lebih mencari teman (social-networking) atau memperbanyak jaringan kita seperti Friendster. Padahal awalnya Facebook atau lebih akrab disapa FB ini hanya situs web biasa yang dibuat seorang mahasiswa Amerika Serikat, bernama Mark Zuckerberg. Lama-kelamaan website ini disebarkan ke beberapa universitas dan sekarang jumlahnya sudah sangat berlimpah.

Pada awalnya membuat program ini hanya memungkinkan mahasiswa di kelas yang sama bisa melihat daftar teman-teman sekelas. Tapi malah menyebar luas ke seluruh dunia.

Akhir-akhir ini FB efeknya sangat aneh, seperti orang-orang lain yang bagaikan merokok sudah sangat kecanduan, jika tidak membuka FB satu hari saja semua akan berubah. Jika dilihat-lihat, hanya seperti itu saja isinya, cukup membosankan. Paling hanya ada beberapa game dalam FB yang menarik, tetap saja tidak bertahan sebulan sudah hambar.

Lalu dampak negatif dari FB itu sendiri apa? Seperti yang telah saya tuliskan di atas, layaknya pecandu rokok dan sebangsanya. Mungkin tidak semua orang berpendapat sama. Tidak hanya itu, karena jangkauan yang terlalu mendunia, jadi kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk berbuat kejahatan. Seperti banyak berita penculikan karena FB, jelas yang disalahkan bukan situs dan penciptanya tetapi penjagaan dari orangtua dan pengaruh sekiar serta user tersebut. Di zaman sekarang ini mana ada orangtua yang menanamkan sikap seperti dulu, anak sudah dilepas kemana-mana tanpa memikirkan dampak-dampaknya. Ego ditinggikan sudah biasa sekarang, namanya juga manusia.

Dari pada membicarakan yang negatif, bagaimana dengan yang positif? Mungkin dengan koneksi Facebook ini kita agak lebih mudah mengetahui data-data orang lain dan memperdekat hubungan orang-orang jauh. Misalnya dari Jakarta ke Bandung. Sepertinya hanya menghibur sesaat.

Lalu apa dan bagaimana tentang Undang-Undang tentang merokok? maaf, maksudnya Facebook. Itu terlihat aneh bukan, tapi di negara asing seperti China, yang berinisial Facebook itu dilarang sebenarnya. Sementara di Indonesia pengguna Facebook yang terbanyak dari dunia. Tingkat kejahatan dalam dunia maya memang sangat banyak, sekali lagi siapa yang mau disalahkan? Mana ada orang yang mau disalahkan, tapi kesadaran dari si penggunanya dan bagaimana sang pengguna melindungi dirinya sendiri.

Pos ini dipublikasikan di Artikel, Kerakyatan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s